• DESA KARANGTURI RT 004 RW 002
  • -
  • karangturi04@yahoo.com
INFO
  • UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN VIRUS KORONA, PEMERINTAH DESA KARANGTURI MENGHIMBAU : UNTUK SELALU MEMAKAI MASKER, JAGA JARAK, HINDARI KERUMUNAN, CUCI TANGAN SEBELUM DAN SESUDAH BERAKTIVITAS, DAN JANGAN KELUAR RUMAH KECUALI URUSAN YANG SANGAT PENTING.
  • JADWAL PENGAMBILAN BLT DD GELOMBANG KEDUA BULAN KE LIMA AKAN DISALURKAN PADA HARI JUMAT TANGGAL 11 SEPTEMBER 2020, JAM 09.00 S/D SELEAI DI BALAI DESA KARANGTURI
  • JADWAL PENGAMBILAN BANTUAN SOSIAL TUNAI DARI PROPINSI UNTUK DESA KARANGTURI: HARI SABTU, TANGGAL 29 AGUSTUS 2020, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB, DI KANTOR POS LASEM.

PATUNG DEWA GANESHA

23 Juni 2021 Rokhman Taufiq Dibaca 153 Kali

Ganesa (Dewanagari: गणेश; IAST Ganeṣa adalah salah satu dewa terkenal dalam agama hindu dan banyak dipuja oleh umat Hindu, yang memiliki gelar sebagai Dewa pengetahuan dan kecerdasan, Dewa pelindung, Dewa penolak bala/bencana dan Dewa kebijaksanaan. Lukisan dan patungnya banyak ditemukan di berbagai penjuru India; termasuk Nepal, Tibet dan Asia Tenggara. Dalam relief, patung dan lukisan, ia sering digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemuk. Ia dikenal pula dengan nama Ganapati, Winayaka dan Pilleyar. Dalam tradisi pewayangan, ia disebut Bhatara Gana, dan dianggap merupakan salah satu putra Bhatara Guru(Siwa). Berbagai sekte dalam agama Hindu memujanya tanpa memedulikan golongan. Pemujaan terhadap Ganesa amat luas hingga menjalar ke umat Jaina, Budha, dan di luar India.Meskipun ia dikenal memiliki banyak atribut, kepalanya yang berbentuk gajah membuatnya mudah untuk dikenali. Ganesa masyhur sebagai "Pengusir segala rintangan" dan lebih umum dikenal sebagai "Dewa saat memulai pekerjaan" dan "Dewa segala rintangan" (Wignesa, Wigneswara), "Pelindung seni dan ilmu pengetahuan", dan "Dewa kecerdasan dan kebijaksanaan". Ia dihormati saat memulai suatu upacara dan dipanggil sebagai pelindung/pemantau tulisan saat keperluan menulis dalam upacara.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar