• DESA KARANGTURI RT 004 RW 002
  • -
  • karangturi04@yahoo.com
INFO
  • UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN VIRUS KORONA, PEMERINTAH DESA KARANGTURI MENGHIMBAU : UNTUK SELALU MEMAKAI MASKER, JAGA JARAK, HINDARI KERUMUNAN, CUCI TANGAN SEBELUM DAN SESUDAH BERAKTIVITAS, DAN JANGAN KELUAR RUMAH KECUALI URUSAN YANG SANGAT PENTING.
  • JADWAL PENGAMBILAN BLT DD GELOMBANG KEDUA BULAN KE LIMA AKAN DISALURKAN PADA HARI JUMAT TANGGAL 11 SEPTEMBER 2020, JAM 09.00 S/D SELEAI DI BALAI DESA KARANGTURI
  • JADWAL PENGAMBILAN BANTUAN SOSIAL TUNAI DARI PROPINSI UNTUK DESA KARANGTURI: HARI SABTU, TANGGAL 29 AGUSTUS 2020, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB, DI KANTOR POS LASEM.

MAKAM ADIPATI TEJO KUSUMO

23 Juni 2021 Rokhman Taufiq Dibaca 58 Kali

Makam Adipati Tejokusumo I, Masjid Jami’ & Makam Mbah Sambu
Adipati Tejokusumo I sebagai Bupati Lasem dari generasi ke-4 setelah  Bupati Santi Puspo, pada tahun 1585 yang menempatkan pusat kekuasaannya di Soditan. Tiga tahun setelah menjadi Adipati, beliau membangun Masjid Jami’ Lasem pada tahun 1588 (berada di sebelah barat alon-alon kota Lasem), hingga sekarang masjid ini masih megah setelah mengalami pemugaran-pemugaran. Adipati Tejokusumo meninggal pada tahun 1632, selanjutnya jabatan Adipati di Lasem oleh Sultan Agung (dari Mataram) mengangkat Cik Go Ing sebagai Adipati dengan gelar Tumenggung Mertoguno.
 Adipati Tejokusumo I dimakamkan di sebelah barat Masjid Jami’ yang dikelilingi oleh tembok bata, dan di dalam areal tembok bata tersebut terdapat tiga makam yang berderet dari barat ke timur.  Makam Adipati Tejokusumo I terletak di bagian paling barat, dua makam lainnya tidak dikenal hingga kini. Jirat makam Tejokusumo I terbuat dari batu bata yang disusun tumpuk semakin ke atas semakin mengecil, setiap sudut  dan bagian tengah masing-masing sisi jirat terdapat hiasan motif simbar. Adapun nisannya terbuat dari batu andesit  yang dibentuk kurawal dengan hiasan medalion pada bagian tengahnya.
Di sebelah barat  laut  masjid, juga terdapat sebuah makam yang oleh masyarakat setempat disebut makam Mbah Sambu ( tokoh Islam yang lebih dikenal masyarakat )  seorang Cina yang menyebarkan agama Islam di daerah ini pada masa Tejokusumo I. Adapun makam Mbah Sambu dan istrinya yang berada di sebelah utara makam Adipati Tejokusumo I. Makam Mbah Sambu dan istrinya berada di dalam cungkup yang berdenah bulat  & beratap kubah yang terbuat dari bata merah berlepa. Kemungkinan besar makam ini sudah dipugar. Di sebelah utara masjid terdapat bangunan terbuka yang terdapat makam-makam yang tidak dikenali identitasnya. Dengan melihat pada nisan-nisannya, tampak jelas bahwa kompleks makam ini sudah cukup tua, dan nisan-nisan tersebut sebagian terbuat batu andesit dengan bentuk kurawal dan gada. 

 

https://rembangkab.go.id/uncategorized/masjid-jami-lasem-makam-adipati-tejokusumo-i-dan-makam-mbah-sambu/

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar