• DESA KARANGTURI RT 004 RW 002
  • -
  • karangturi04@yahoo.com
INFO
  • UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN VIRUS KORONA, PEMERINTAH DESA KARANGTURI MENGHIMBAU : UNTUK SELALU MEMAKAI MASKER, JAGA JARAK, HINDARI KERUMUNAN, CUCI TANGAN SEBELUM DAN SESUDAH BERAKTIVITAS, DAN JANGAN KELUAR RUMAH KECUALI URUSAN YANG SANGAT PENTING.
  • JADWAL PENGAMBILAN BLT DD GELOMBANG KEDUA BULAN KE LIMA AKAN DISALURKAN PADA HARI JUMAT TANGGAL 11 SEPTEMBER 2020, JAM 09.00 S/D SELEAI DI BALAI DESA KARANGTURI
  • JADWAL PENGAMBILAN BANTUAN SOSIAL TUNAI DARI PROPINSI UNTUK DESA KARANGTURI: HARI SABTU, TANGGAL 29 AGUSTUS 2020, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB, DI KANTOR POS LASEM.

RUMAH BATIK MARANATHA

13 Juni 2021 Rokhman Taufiq Dibaca 70 Kali

Inilah rumah batik lainnya di Lasem yang juga konsisten memproduksi Batik Tiga Negeri. Dulu, rumah batik ini dikenal dengan nama Batik Ong, sekarang orang lebih mengenalnya dengan nama Batik Maranatha. Sama halnya dengan Rumah Batik Nyah Kiok, Rumah Batik Maranatha juga masih menggunakan cara tradisional, mulai dari proses pemberlakukan kain, pewarnaan, hingga penggambaran motifnya yang masih sama seperti dulu.  

Dalam proses pembuatan Batik Tiga Negri, kain harus diolah dulu selama 30 hari agar nanti warnanya tidak pudar dan tetap awet. Di rumah batik ini, warna dasar yang digunakan untuk Batik Tiga Negeri adalah warna merah kemudian diikuti oleh warna biru, kemudian kuning. Kain yang digunakan adalah kain kereta kencana dan kain gamelan. Sedangkan, motif Batik Tiga Negeri buatan Maranatha yang terkenal meliputi motif daun asem, lokcan, pasiran, esok sore (dua motif), dan motif gunung ringgit.

 

https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/batik-tiga-negeri-khas-lasem-yang-melegenda-yuk-ketahui-seluk-beluknya

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar