• DESA KARANGTURI RT 004 RW 002
  • -
  • karangturi04@yahoo.com
INFO
  • UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN VIRUS KORONA, PEMERINTAH DESA KARANGTURI MENGHIMBAU : UNTUK SELALU MEMAKAI MASKER, JAGA JARAK, HINDARI KERUMUNAN, CUCI TANGAN SEBELUM DAN SESUDAH BERAKTIVITAS, DAN JANGAN KELUAR RUMAH KECUALI URUSAN YANG SANGAT PENTING.
  • JADWAL PENGAMBILAN BLT DD GELOMBANG KEDUA BULAN KE LIMA AKAN DISALURKAN PADA HARI JUMAT TANGGAL 11 SEPTEMBER 2020, JAM 09.00 S/D SELEAI DI BALAI DESA KARANGTURI
  • JADWAL PENGAMBILAN BANTUAN SOSIAL TUNAI DARI PROPINSI UNTUK DESA KARANGTURI: HARI SABTU, TANGGAL 29 AGUSTUS 2020, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB, DI KANTOR POS LASEM.

RUMAH BATIK NYAK GIOK

13 Juni 2021 Rokhman Taufiq Dibaca 44 Kali

Rumah batik yang satu ini sudah ada sejak awal abad ke-20 lho, Sobat Pesona. Namanya adalah Rumah Batik Nyah Kiok milik Hadi Sutjahyo dan Listyorini (Nyah Kiok). Beroperasi di bawah bangunan bergaya Cina Hindia, bisnis batik ini kini dilanjutkan oleh sang putra. Kini, hanya tersisa tujuh pembatik yang bekerja di rumah batik ini.

Ketujuh pembatik yang biasa dijuluki ‘Tujuh Bidadari Nyah Kiok’ ini terdiri dari Mbah Suti, Mbah Lasinah, Mbah Kutanti, Mbah Suharmi, Mbah Sabariyah, Mbah Marni, dan Mbah Sumirah. Uniknya, para pembatik di sini langsung mengaplikasikan lilin dan canting ke kain, tanpa menggunakan pola atau gambar dengan pensil. Hebat, kan? 

Motif Batik Tiga Negeri dari rumah batik ini terdiri dari motif gunung ringgit atau sisik yang melambangkan kesejahteraan dan motif kupu-kupu yang melambangkan kesetiaan, integritas, dan kesederhanaan.

 

https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/batik-tiga-negeri-khas-lasem-yang-melegenda-yuk-ketahui-seluk-beluknya

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar