• DESA KARANGTURI RT 004 RW 002
  • -
  • karangturi04@yahoo.com
INFO
  • UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN VIRUS KORONA, PEMERINTAH DESA KARANGTURI MENGHIMBAU : UNTUK SELALU MEMAKAI MASKER, JAGA JARAK, HINDARI KERUMUNAN, CUCI TANGAN SEBELUM DAN SESUDAH BERAKTIVITAS, DAN JANGAN KELUAR RUMAH KECUALI URUSAN YANG SANGAT PENTING.
  • JADWAL PENGAMBILAN BLT DD GELOMBANG KEDUA BULAN KE LIMA AKAN DISALURKAN PADA HARI JUMAT TANGGAL 11 SEPTEMBER 2020, JAM 09.00 S/D SELEAI DI BALAI DESA KARANGTURI
  • JADWAL PENGAMBILAN BANTUAN SOSIAL TUNAI DARI PROPINSI UNTUK DESA KARANGTURI: HARI SABTU, TANGGAL 29 AGUSTUS 2020, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB, DI KANTOR POS LASEM.

RUMAH OEI LASEM

12 Juni 2021 Rokhman Taufiq Dibaca 138 Kali

Gerbang kuno dengan daun pintu dua lapis berwarna cokelat tua berukir huruf Cina keemasan teramat menyita pandangan saya siang itu, Minggu, 15 Juli 2018, saat melintas di Jalan Jatigoro, Karangturi, Lasem, Jawa Tengah. Bangunan ini salah satu yang paling mencolok di kompleks pecinan tua jalur pantai utara.

Rumah Oei. Begitulah nama yang tertera pada sebuah papan di atas gerbang tersebut. Menurut penduduk setempat, rumah ini menjadi pusat seni, budaya, dan kuliner di Lasem.

Saya melangkah masuk menuju halaman depan. Ada banyak kursi besi kuno dengan meja yang ditata berhadap-hadapan. Meja itu diberi taplak batik sehingga tampak rapi. Konon, inilah kafe sederhana yang menyediakan beragam kuliner khas Lasem. 

Di tengah halaman rumah itu tumbuh pohon mangga besar. Ranting-rantingnya membuat seluruh halaman terlindung dari panas menyengat.

https://travel.tempo.co/read/1112025/rumah-oei-bangunan-cina-kuno-berusia-200-tahun-di-lasem

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar