• DESA KARANGTURI RT 004 RW 002
  • -
  • karangturi04@yahoo.com
INFO
  • UNTUK MENGHINDARI PENYEBARAN VIRUS KORONA, PEMERINTAH DESA KARANGTURI MENGHIMBAU : UNTUK SELALU MEMAKAI MASKER, JAGA JARAK, HINDARI KERUMUNAN, CUCI TANGAN SEBELUM DAN SESUDAH BERAKTIVITAS, DAN JANGAN KELUAR RUMAH KECUALI URUSAN YANG SANGAT PENTING.
  • JADWAL PENGAMBILAN BLT DD GELOMBANG KEDUA BULAN KE LIMA AKAN DISALURKAN PADA HARI JUMAT TANGGAL 11 SEPTEMBER 2020, JAM 09.00 S/D SELEAI DI BALAI DESA KARANGTURI
  • JADWAL PENGAMBILAN BANTUAN SOSIAL TUNAI DARI PROPINSI UNTUK DESA KARANGTURI: HARI SABTU, TANGGAL 29 AGUSTUS 2020, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB, DI KANTOR POS LASEM.

BATIK TULIS LASEM

12 Juni 2021 Rokhman Taufiq Dibaca 49 Kali

Karangturi-Rembang.desa.id_Lasem terletak di pesisir pantai hingga darat Provinsi Jawa Tengah, dikenal sebagai Tiongkok Kecil, orang Cina menyebutnya sebagai Laosen. Keunikan di Lasem terdapat pada segi kultural yaitu adanya percampuran Cina, Jawa dan Arab (Islam), arsitektural yaitu dari arsitektur baru dan lama. Arsitektur lama berupa bangunan asli Cina-Jawa, sedangkan arsitektur baru terdiri dari bangunan modern, dan letak geografis. Sedangkan dari sisi kegiatan di Lasem yaitu kerajinan batik. Batik tulis Lasem menjadi ciri khas karena merupakan salah satu hasil kerajinan orang Tionghoa hingga saat ini, telah ditekuni sejak kedatangan Laksamana Cheng Ho pada tahun 1413 dan menetap di Pulau Jawa. Batik tiga negeri adalah sebutan untuk batik Lasem, Pekalongan, dan Solo. Namun, batik tersebut tengah menghadapi perkara eksistensi (kepunahan) yang berdampak nantinya bagi generasi mendatang. Selain itu dapat diklaim negara lain apabila tidak dilestarikan, dan kalah terhadap era globalisasi. Selain dari perkara eksistensinya, adapun limbah batik yang dihasilkan dari penggunaan warna kimia yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Selain itu masalah iklim yang ada di Lasem yang cenderung panas dan kering berpengaruh terhadap penghawaan ruang, Dari isu yang ada di ,atas maka Perancangan Galeri Batik Tulis secara khusus bertujuan untuk menampung, melestarikan, menampilkan, dan mengembangkan edukatif-rekreatif, informasi dan referensi, pelatihan bagi warga Lasem dan wisatawan. Selain itu sebagai wadah untuk mengolah limbah pewarna alami batik yang menjadi tujuan utama untuk melestarikan batik Lasem. Sehingga melalui Galeri Batik Tulis di Lasem maka usaha melestarikan batik tersebut akan terus hidup.

https://katalog.ukdw.ac.id/1327/

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar